Colokan dan Stop Kontak Tipe I

Colokan dan Stop Kontak Tipe I


Bentuk Fisik Colokan dan Stop Kontak Tipe “I” dan Negara Pengguna

           Secara fisik plug ini memiliki dua koneksi berbentuk V terbalik dengan kemiringan 30°. Sedangkan satu pin ditengahnya berfungsi sebagai grounding.

Bentuk outlet atau stop kontaknya adalah seperti ini :
Selain colokan yang memiliki grounding, ada juga colokan yang tidak memiliki grounding. Perbedaan secara fisik dari kedua colokan ini sangat mencolok. Bila colokan yang memiliki grounding terdapat 3 pin, sedangkan yang tidak memiliki grounding hanya 2 pin yaitu hanya konektor yang berbentuk V terbalik saja. Sehingga perlu anda perhatikan steker anda apakah cocok dengan colokannya atau tidak.

Negara Pengguna

Tipe colokan ini di gunakan di negara Australia, New Zealand, Papua New Guinea, China and Argentina.

Kemampuan Hantar Arus dan Beberapa Perbedaan di Beberapa Negara

Pada umumnya plug ini memiliki kemampuan arus hingga 10 ampere, akan tetapi ada juga yang mampu hingga 15 A. Perbedaannya adalah panjang pada pin groundingnya :
  • Pada 10A panjang pin grounding 6,3mm
  • Untuk 15A panjang pin groundingnya sepanjang 8mm.
Selain itu terdapat juga plug yang memiliki kemampuan hingga 20 A. Pin-pin konektor yang ampernya lebih kecil bisa di kokensikan atau di colokkan ke stop kontak yang memiliki amper kerja lebih besar. Akan tetapi hal ini tidak bisa dilakukan bila steker memiliki daya lebih besar di koneksikan pada colokan yang memiliki rating amper lebih kecil.
Hal ini seperti poka-yoke atau pengaman untuk mencegah terjadinya soket meleleh dikarenakan amper yang melewati soket lebih besar dari rating kerjanya. Di negara Australia ukuran soket dan steker ini tertuang pada standar AS 3112.
Di negara China juga memakai soket jenis ini akan tetapi terdapat sedikit perbedaan yaitu pada pin colokan di China lebih panjang 1 mm bila di bandingkan colokan yang dipakai di negara Australia.

Informasi Lainnya

Pada dasarnya ukuran dan dimensi colokan tipe I yang dipakai oleh negara Australia adalah sebenernya diambil dari model mirip tipe A dimana tipe soket ini adalah model yang sudah lama dipakai di negara Amerika. Colokan jenis itu telah dipatenkan oleh Harvey Hubbell II pada tahun 1916, yaitu seorang insinyur listrik yang telah menemukan jenis plug.
Desain colokan dengan model tiga pisau milik Hubbell tidak pernah terbukti populer di AS karena ketidak cocokan jenis colokan ini dengan plug yang ada di pasaran. Akan tetapi steker dari Hubbell itu disukai di negara Australia daripad tipe D yang berasal dari Inggris karena tipe ini lebih mudah bagi produsen lokal untuk membuat colokan dengan pin datar daripada yang bulat.
Pada era tahun 1930-an, produsen aksesori listrik Australia bersama dengan Komisi Listrik Negara Bagian Victoria memutuskan untuk menstandarisasi desain Hubbell di setiap colokan dan steker yang ada di negara tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Jenis Simbol Switch Pada 2 Pole Circuit Breakers Berdasarkan Standar Internasional

Model Stop Kontak-Colokan Listrik atau Outlet Plug di Berbagai Negara

Istilah Dasar Kontaktor Listrik dan Prinsip Kerjanya